maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138

20 Wisata Solo Yang Wajib Dikunjungi, Cek Disini

20 Wisata Solo Yang Wajib Dikunjungi, Cek Disini
0 0
Read Time:7 Minute, 20 Second


Jakarta

Mengunjungi Solo tapi bingung mau kemana? Jangan khawatir.

Solo merupakan kota dengan banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga atau teman. Mulai dari taman, pantai, hingga bangunan bersejarah dari zaman kolonial juga bisa menjadi tempat hunting foto.

Tidak hanya itu, banyak bukti sejarah yang juga bisa dilihat langsung saat berkunjung ke kota Solo tentunya. Berikut 20 destinasi wisata Solo versi review Google, situs resmi pemerintah Surakarta, dan situs Portal Informasi Indonesia

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Wisata Solo untuk Dikunjungi saat Liburan

1. Candi Mangkunegaran

Berkunjung ke Solo rasanya kurang jika tidak mengunjungi Pura Mangkunegara. Bangunan bersejarah ini merupakan keraton tempat tinggal Utaa Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunegara X yang didirikan pada tahun 1757.

Gaya arsitektur yang menarik dari bangunan ini menarik banyak wisatawan untuk hunting foto saat berkunjung ke Solo. Bahkan di sini Anda juga bisa mengikuti workshop tari dan juga mengunjungi museum.

Lokasi: Jl. Ronggowarsito no. 83, Keprabon, Kec. Banjarsari Kota Surakarta Jam Operasional : 08.00 – 15.00 WIB (Senin – Rabu, Jumat – Minggu) dan 08.00 – 14.30 WIB (Kamis).

2. Kampoeng Batik Laweyan

Tak hanya tujuan wisata, Kampoeng Batik Laweyan juga merupakan ikon batik Solo dan sentra batik tertua setelah Kampoeng Batik Kauman. Sejak abad ke-19 hingga sekarang, Kampoeng Batik Laweyan telah memiliki 250 motif batik yang telah dipatenkan.

Keunikan motif batik ini terletak pada penyajian warna yang lebih terang dari biasanya. Ketika Anda berkunjung ke sini, Anda tidak hanya akan melihat koleksi batik, tetapi Anda juga dapat mengikuti layanan belajar membatik secara langsung.

Lokasi: Jl. dr. Rajiman no. 521, Laweyan, Kec. Laweyan Kota Surakarta Jam Operasional : 08.00 – 20.00 WIB (setiap hari).

3. Pasar Triwindu

Satu-satunya wisata yang mungkin jarang terlihat di kota lain adalah Pasar Triwindu yang menjual barang antik. Di pasar ini Anda bisa berburu barang-barang klasik dan elektronik jadul. Suasana pasar ini akan membawa Anda kembali ke masa lalu tentunya.

Lokasi: Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari Kota Surakarta Jam Operasional : 09.00 – 16.00 WIB.

4. Museum Batik Danar Hadi

Mengunjungi destinasi wisata Solo ini akan membantu Anda mempelajari lebih dalam tentang batik. Bahkan di museum ini terdapat 10 ribu lembar kain batik yang bisa dilihat secara langsung.

Museum ini juga menyimpan motif batik Yogyakarta dari zaman penjajahan Belanda. Sekaligus menjadi gudang koleksi batik Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Lokasi : Jalan Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Laweyan, Solo Jam Operasional : 09.00 – 17.00 WIB (Senin – Jumat) dan 09.00 – 18.00 WIB (Sabtu dan Minggu).

5. Taman Balekambang

Ingin berkunjung ke wisata Solo untuk bersantai dan menikmati udara sejuk? Taman Balekambang adalah tujuan Anda.

Acara seni, kuliner, dan pasar sering diadakan di taman ini. Contohnya adalah perhelatan seni Sendratari Ramayana, Ketoprak Balekambang, Gebyar Bakdan ing Balekambang, hingga pasar seni.

Lokasi: Jl. Balekambang, Manahan, Kec. Banjarsari Kota Surakarta Jam Operasional : 07.00 – 17.00 WIB (setiap hari).

6. Menuruni Museum

Selain museum Batik Danar Hadi, Anda juga bisa mengunjungi museum Tumurun saat berwisata ke Solo. Anehnya, museum Tumurun merupakan museum pribadi yang dilepas dan dikelola oleh keluarga HM ‚Äč‚ÄčLukminto, seorang pengusaha asal Solo.

Meski merupakan museum swasta, masyarakat umum tetap bisa masuk dan mengunjungi objek wisata Solo ini. Koleksi museum ini adalah seni modern, seperti karya seni Wedhar Riyadi seperti Mata Terapung, Antonioo Blanco, Basoeki Abdullah, hingga lukisan karya Raden Saleh.

Lokasi: Jl. Kebangkitan Nasional No.2, Sriwedati, Kec. Laweyan Kota Surakarta Jam Operasional : 13.00 – 15.00 WIB (Senin – Rabu) dan 10.00 – 15.00 WIB (Jumat – Minggu).

7. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka di Surakarta merupakan museum tertua di Indonesia. Kemudian tentunya di Salam anda bisa menikmati peninggalan purbakala seperti arca batu, wayang kulit, gamelan dan lain-lain. Museum ini dibangun pada masa pemerintahan Paku Buwono IX pada tahun 1890.

Lokasi: Jl. Slamet riyadi no. 275, Sriwedati, Kec. Laweyan Kota Surakarta Jam Operasional : 09.00 – 15.00 WIB (Selasa – Kamis, Sabtu dan Minggu), 09.00 – 11.00 WIB (Jumat), Tutup (Senin).

8. Gedung Djoeang 45

Bangunan Djoeang 45 Solo memiliki perbedaan yang unik dengan bangunan perang di beberapa daerah pada umumnya. Bangunan Djoeang Solo memang jauh dari kesan tua, namun terdiri dari bangunan dekoratif modern dengan gaya Eropa klasik.

Tentunya tempat seperti ini sangat menarik untuk hunting foto bukan? Bahkan di malam hari, gedung ini diterangi dengan lampu jingga yang berasal dari lampu remang-remang.

Lokasi: Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo Jam Operasional: 11.00 – 23.00 WIB (setiap hari).

9. Serabi Notosuman

Berkunjung ke wisata Solo belum lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khas Solo. Serabi Notosuman merupakan salah satu kuliner yang terkenal.

Kuliner yang dinobatkan sebagai warisan budaya takbenda ini dibuat dari campuran tepung beras dan santan. Disajikan tanpa saus gula merah tetapi menggunakan topping seperti kepala parut, keju dan meses.

Lokasi: Jl. Moh Yamin No.28 Surakarta Jam Operasional : 05.00 – 16.00 WIB.

10. Ndalem Gondosuli

Bagi wisatawan Solo yang ingin melihat batik premium bisa berkunjung ke Ndalem Gondosuli. Tidak hanya melihat, Anda juga akan belajar membatik tentunya.

Anehnya, di sini kamu juga bisa menemukan sebuah kafe bernama Kafe Pedagang. Lokasinya berada di pelataran gedung Ndalem Cafe yang menjual aneka kopi.

Lokasi: Ndalem Gondosuli Surakarta, Jl. Gondosuli No. 125, Laweyan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

11. Pasar Besar

Pasar Gede dihias dengan bangunan tua yang cantik untuk hunting foto. Selain itu, pasar ini juga menyediakan berbagai oleh-oleh khas Solo seperti es dawet kemangi, kopi pojok, tengkleng, dan lenjongan.

Pasar Gede terletak tepat di seberang Balai Kota Surakarta, Jl. Jenderal Sudirman. Untuk memasuki pasar ini, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun tentunya, kecuali parkir mobil.

12. Safari Tunggal

Wisata Safari Solo resmi dibuka pada 27 Januari lalu. Meski belum 100% selesai, objek wisata yang dulu bernama Taman Satwa Jurug ini telah menerima kunjungan wisatawan mancanegara.

Solo Safar memiliki koleksi 347 satwa dari 87 spesies. Di sini, kamu bisa berinteraksi langsung dengan hewan seperti zebra, rusa, banteng jawa, tapir, beruang madu, dan lainnya. Berikut Harga Tiket Masuk Solo Safari :

Dewasa reguler: Rp45.000 (weekdays) dan Rp60.000 (weekend) Regular anak-anak: Rp30.000 (weekdays) dan Rp45.000 (weekend) Premium dewasa: Rp65.000 (weekdays) dan Rp75.000 (weekdays) anak-anak: Rp75.000 (weekend) Premi dan Rp 60.000 (akhir pekan).

13. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Tradisi Surakarta didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwana II untuk menggantikan Keraton Kartasura yang hancur akibat kerusuhan pecinan pada tahun 1743. Bangunan ini memiliki perpaduan gaya etnik Eropa dan Jawa.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi gedung ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Tapi akan lebih banyak lagi jika ingin berfoto.

Lokasi: Kel. Baluwarti, Kec. Pasar Kliwon Kota Surakarta Jam Operasional : 09.00 – 14.00 WIB (Senin – Kamis), 09.00 – 15.00 WIB (Sabtu dan Minggu).

14. Pasar Klewer

Wisata solo tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi pasar yang satu ini. Pasar Klewer merupakan pasar tekstil terbesar di kota Solo. Bahkan beberapa pedagang dari Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan beberapa kota lainnya menjadikan Pasar Klewer sebagai referensi untuk berbelanja.

15. Masjidil Haram

Tak jauh dari pasar Klewer, salah satu peninggalan kerajaan Mataram adalah Masjid Agung. Dibangun pada masa Pakubuwono III dan memiliki ciri khas gaya arsitektur Jawa Kuno dan Belanda. Bangunan masjid ini juga didominasi dengan penggunaan kayu.

16. Taman Lawu

Berada di kaki Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, wisata Solo ini memiliki banyak wahana hiburan. Diantaranya adalah hiking, forest walk, flying fox, dan sky walk.

Cukup dengan tiket masuk Rp 15.000, Anda akan dibebaskan oleh pemandangan indah dan udara sejuk di kaki gunung. Jika ingin menaiki wahana tersebut, setiap wahana tersebut akan dikenakan biaya.

17. Istana Warisan

Dibuka sejak 9 Juni 2018, wisata Solo ini mengusung tema liburan keluarga yang seru. Anda bisa menikmati bangunan bersejarah, mobil antik, museum 3D, dan Omah Walik.

Lokasi: Honggobayan, Pabelan, Kartasuro, Sukoharjo Jam Operasional: 10.00 – 18.00 WIB (Senin – Kamis), 09.00 – 21.00 WIB (Jumat – Minggu).

18. Dunia Air Pandawa

Pandawa Water World Solo Tour dinobatkan sebagai wisata air terbesar di Indonesia. Sebanyak 27 wahana air bisa Anda nikmati bersama keluarga di sini.

Jam Operasional: 12.00 – 18.00 (weekdays), 08.00 – 18.00 WIB (weekend), tutup (Selasa).

19.Grojongan Sewu

Selain pantai, wisata Solo juga memiliki air terjun yang indah yaitu Grojongan Sewu. Air terjun ini dikelilingi oleh dataran tinggi hutan yang hijau, menambah kesegaran setiap pengunjung yang datang ke sini.

Lokasi: Jl. Rawa Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kab. KaranganyarHTM: Rp 18.000.

20. Pabrik Gula De Tjolomadoe

Dibangun sejak 1861, Pabrik Gula De Tjolomadoe berhenti beroperasi 20 tahun lalu. Hingga saat ini bangunan bergaya Eropa ini masih ramai dikunjungi wisatawan untuk berfoto dan melihat sejarah pabrik gula tersebut.

Wisatawan bisa melihat arsip pabrik, mesin pipa raksasa, kafe, dan masih banyak lagi. Lokasinya terletak di Jl. Adi Sucipto No. 1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Karanganyar.

Itulah beberapa wisata Solo yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga atau teman. Padahal, masih banyak lagi tempat-tempat indah yang bisa dikunjungi dan dinikmati sejenak. Apa yang kamu tunggu? Ayo, mari kita mulai turnya.

Simak Video “Pura Mangkunegaran ‘Dipercantik’ Jelang Perayaan Pernikahan Kaesang-Erina”
[Gambas:Video 20detik]
(baris/perempuan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Harold Taylor

Learn More →