maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138

6 Pendaki Gunung Gede Ilegal Dihukum Berat

6 Pendaki Gunung Gede Ilegal Dihukum Berat
0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second


Jakarta

Enam pendaki ilegal Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat resmi. Mereka dilarang mendaki dalam waktu yang lama.

Pelanggaran itu dilakukan enam pendaki dengan mendaki Gunung Gede Pangrango saat jalur pendakian ditutup. Penutupan berlaku mulai 15 Mei 2023.

Mereka diberikan larangan dua tahun untuk mendaki semua gunung di Indonesia. Para pendaki nakal itu berasal dari Jabodetabek dan Bandung.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Sapto Aji, pendaki tersebut tertangkap melakukan pendakian ilegal saat petugas melakukan patroli di jalur pendakian Gunung Putri.

“Beberapa hari lalu kami melihat dua kelompok pendaki liar. Kelompok pertama dua orang dan kelompok kedua empat orang,” kata Sapto dikutip dari detikJabar Kamis (25/5/2023).

“Petugas itu tertangkap di jalur Gunung Putri. Mereka mendaki sendirian, tanpa pemandu,” ujarnya.

Ia langsung mengatakan keenam pendaki tersebut dibawa ke Kantor BBTNGGP untuk dimintai keterangan dan selanjutnya diberikan hukuman.

“Pendaki akan dikenakan sanksi blacklist atau dilarang mendaki selama 2 tahun di seluruh gunung di Indonesia. Daftar mereka juga akan kami informasikan ke seluruh gunung yang dikelola TN atau BKSDA,” ujarnya.

Sapto mengatakan, jaring enam pendaki liar itu masuk dalam daftar pendaki liar tahun ini. Sebelumnya, ada 20 pendaki yang dikenai sanksi dan masuk daftar hitam pendakian selama penutupan dan melanggar aturan lainnya.

Ia meminta para pendaki untuk menjadi pendaki yang cerdas, terutama mengikuti prosedur yang diterapkan. Mulai dari pendaftaran melalui pendaftaran resmi, tidak melakukan pendakian selama penutupan, dan mengikuti aturan menjaga lingkungan taman nasional.

“Kami akan terus memantau jalur pendakian selama penutupan. Dan kami akan terus mengimbau kepada para pendaki untuk tidak melakukan pelanggaran, apalagi pendakian liar,” ujarnya.

Simak Video “Viral! Gunung Gede Diserbu Pendaki, Jalur Pendakian Macet”
[Gambas:Video 20detik]
(perempuan/perempuan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Harold Taylor

Learn More →