maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138

7 cara ini dipercaya bisa mencegah kehamilan setelah berhubungan badan

7 cara ini dipercaya bisa mencegah kehamilan setelah berhubungan badan
0 0
Read Time:2 Minute, 23 Second


Jakarta

Beberapa pasangan mungkin ingin menunda kehamilan karena berbagai alasan. Untuk alasan ini, berbagai metode digunakan untuk mencegah kehamilan setelah berhubungan.

Menggunakan kontrasepsi saat berhubungan badan sebenarnya merupakan cara yang terbukti efektif untuk mencegah kehamilan. Makanya terkadang ada pasangan yang ingin mencoba cara alami.

Mulai dari mengonsumsi makanan tertentu hingga menjaga jadwal hubungan. Berikut hal-hal yang dipercaya dapat mencegah kehamilan setelah berhubungan badan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim tanpa kontrasepsi

Dikutip dari laman Parenting First Cry, untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan, banyak wanita yang menggunakan pil KB. Namun, beberapa mungkin khawatir dengan efek samping pada tubuh sehingga lebih memilih beberapa alternatif yang dapat membantu Anda menghindari kehamilan.

1. Buah Pepaya

Jika Anda melakukan hubungan seks tanpa pengaman, mengkonsumsi pepaya dua kali sehari selama 3-4 hari ke depan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan. Ada juga yang percaya jika buah ini dikonsumsi oleh pasangan pria bisa mengurangi jumlah sperma.

Perlu dicatat bahwa tidak ada bukti ilmiah untuk metode ini. Namun, Anda tetap bisa mengonsumsinya untuk berjaga-jaga.

2. Jahe

Jahe dipercaya dapat mencegah kehamilan. Anda bisa mengkonsumsinya dengan merebus parutan jahe selama lima menit, lalu minum air jahe dua kali sehari setelah berhubungan badan.

3. Aprikot

Cara lain untuk mencegah kehamilan setelah berhubungan intim adalah dengan mengkonsumsi buah aprikot. Caranya, ambil air hangat dan buah aprikot kering, tambahkan 2 sendok makan madu ke dalam cangkir agar minumannya tidak terlalu hambar.

4. kayu manis

Kayu manis mengandung vitamin C tinggi yang dapat menurunkan hormon progesteron. Hal ini menyebabkan kontraksi pada rahim dan merusak lapisan rahim, sehingga terjadilah menstruasi.

5. Nanas

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan badan dengan menggunakan nanas muda. Makanlah nanas muda setiap hari selama 2-3 hari setelah berhubungan untuk menunda proses pembuahan.

6. Mengurangi Pergaulan di Masa Subur

Dikutip dari buku Fiqh Kedokteran ‘Ala Mazhab Indonesia’ karya Fitriyani, dkk, masa subur wanita dapat mempengaruhi peluang terjadinya pembuahan saat berhubungan badan. Risiko kehamilan bisa lebih kecil jika hubungan intim dilakukan di luar masa subur.

Masa subur bagi wanita jatuh pada hari ke 8 sampai 19 haid. Namun, angka tersebut tidak bisa dijadikan patokan pasti karena masa subur setiap wanita berbeda-beda.

7. Ejakulasi di luar rahim

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan selanjutnya dengan cara keluar rahim atau biasa disebut senggama terputus. Efektivitas cara ini dalam mencegah kehamilan sekitar 70 persen, artinya ada 30 pasangan yang tetap mengalami kehamilan meski ejakulasi di luar alat kelamin.

Itulah penjelasan mengenai cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim tanpa kontrasepsi. Perlu dicatat bahwa buah-buahan yang tercantum di atas tidak 100% efektif untuk menunda kehamilan.

Sebagai catatan, konsumsilah buah-buahan tersebut dalam jumlah sedang. Jika Anda masih belum yakin, konsultasikan dengan dokter mengenai makanan dan minuman apa saja yang dianjurkan untuk menurunkan hormon progesteron pada wanita.

Saksikan Video “Kemenkes Angkat Bicara Setelah Viral Pasien Gagal Ginjal Akut Dipaksa Pulang dari Rumah Sakit”
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Harold Taylor

Learn More →