maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138

Apa yang harus Anda makan agar asam lambung tidak naik saat sarapan? Ini Nasihat Dokter

Apa yang harus Anda makan agar asam lambung tidak naik saat sarapan?  Ini Nasihat Dokter
0 0
Read Time:1 Minute, 35 Second


Jakarta

Penderita asam lambung memiliki tantangan tersendiri saat berpuasa. Pasalnya, dengan pergantian waktu makan perlu diperhatikan pemilihan menu makanan di pagi hari dan puasa agar asam lambung tidak kembali, ibadah sholat tetap bisa dilakukan dengan nyaman.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penderita asam lambung memiliki pantangan makanan tertentu seperti makanan pedas, makanan berlemak, dan kopi. Pasalnya, makanan tersebut bisa memicu asam lambung naik. Sebaiknya menu berbuka puasa bagi penderita asam lambung memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna dan lambung tidak bekerja terlalu keras.

“Usahakan makan makanan yang lama dicerna, jadi tinggi serat buah. Jadi, semoga saat kondisi serat tinggi, buah lebih lama dicerna di usus,” kata dokter spesialis penyakit dalam dari Brawijaya. RSUD Depok, dr. Aru Ariadno, saat ditemui detikcom, Selasa (21/3/2023).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Selain itu, penderita asam lambung tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan secara terburu-buru dan dalam porsi yang banyak. Jadi, untuk berbuka puasa, orang yang memiliki riwayat asam lambung disarankan memulainya dengan kurma dan air putih. Tujuannya untuk mengembalikan cairan yang hilang sepanjang hari puasa.

“Mulai dari yang bisa ayo kencan dengan angka ganjil lalu minum teh panas, teh manis boleh. Kemudian setelah itu istirahat sejenak, sholat magrib, lalu makan seperti biasa,” tambahnya

Selain itu, porsi makan yang besar dikhawatirkan akan memicu gangguan lambung dan peningkatan asam lambung. Sebagai gantinya, makanlah makanan ringan terlebih dahulu. Namun, sebaiknya hindari makan gorengan, makanan pedas, kopi, makanan asam dan makanan berminyak saat sarapan.

Terpisah, dokter spesialis gizi RS Siloam TB Simatupang, dr. Christopher Andrian, M Gizi, SpGK mengungkapkan hal senada. Menurutnya, untuk memulai sarapan ada baiknya mengkonsumsi buah dan air putih terlebih dahulu sebelum makan makanan berat.

“Sholat maghrib dulu, istirahat 1 jam. Begitu kita mencerna makanan takjil, biasanya badan mulai enak” dan rasa lapar pun hilang. Lalu kita makan berat. ..kembung, maag, GERD,” tutupnya.

Simak video “Tips dan Waktu Olahraga Yang Baik Saat Puasa”
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/vyp)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Harold Taylor

Learn More →