maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138

Jika Seventeen Mengidap Tumor Kepala dan Butuh Operasi, Apa Gejalanya?

Jika Seventeen Mengidap Tumor Kepala dan Butuh Operasi, Apa Gejalanya?
0 0
Read Time:1 Minute, 35 Second


Jakarta

Ifan vokalis Seventeen baru saja menjalani operasi pengangkatan tumor di kepalanya pada Jumat (24/3/2023) lalu. Kabar terbaru, sang istri, Citra Monica, menyebut operasi berjalan lancar dan Ifan saat ini sedang dalam pemulihan.

“Bismillah di bulan puasa, jum’at juga. Alhamdulillah sudah diberi kesempatan untuk lebih sehat lagi. Setelah adzan maghrib, operasi pengangkatan tumor kepala akan dimulai,” kata Ifan melalui akun Instagramnya. Kemarin.

Unggahan itu juga menyebutkan Ifan akan menjalani prosedur ‘Pro Wide Excision Soft Tissue Tumor with GA’. Operasi dilakukan pada pukul 18.00 WIB.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, tumor adalah massa atau kumpulan sel abnormal yang terbentuk di dalam tubuh. Tumor dapat terbentuk di seluruh tubuh dan memengaruhi tulang, kulit, jaringan, kelenjar, dan organ. Kata lain untuk tumor adalah ‘neoplasma’.

Ada tiga jenis tumor, yaitu tumor ganas atau kanker, tumor jinak atau non-kanker, dan tumor prakanker yang bisa menjadi kanker jika tidak ditangani.

Apa Gejala Tumor?

Normalnya, tubuh terus membuat sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel tua atau rusak yang mati. Namun terkadang, sel tidak mati sebagaimana mestinya. Pada beberapa kondisi, sel-sel baru tumbuh dan berkembang biak lebih cepat dari seharusnya. Jika sel-sel ini menumpuk, tumor terbentuk.

Tumor dapat terjadi pada orang dari segala usia, termasuk anak-anak. Faktor-faktor yang meningkatkan kemungkinan berkembangnya tumor meliputi:

Mutasi gen (perubahan), seperti mutasi gen BRCA (kanker payudara). Kondisi bawaan, seperti sindrom Lynch dan neurofibromatosis (NFS). Riwayat keluarga dengan jenis kanker tertentu seperti kanker payudara atau kanker prostat. Merokok, termasuk paparan asap rokok. Paparan racun seperti benzena atau asbes. paparan radiasi sebelumnya. Virus seperti HPV. Sangat gemuk.

Gejala tumor bisa bermacam-macam, tergantung lokasi tumbuhnya tumor. Namun secara umum, tumor dapat menimbulkan gejala berupa:

Kelelahan Demam atau menggigil. Kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Keringat malam. Nyeri.

Simak Video “Curhat Aurelie Moeremans Idap Colli Tumor”
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/vyp)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Harold Taylor

Learn More →