maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138

Tips agar tidak ngantuk setelah sarapan, lakukan hal ini agar mata tetap segar

Tips agar tidak ngantuk setelah sarapan, lakukan hal ini agar mata tetap segar
0 0
Read Time:1 Minute, 22 Second


Jakarta

Berbuka puasa merupakan momen yang paling ditunggu setelah seharian menahan dahaga dan lapar. Mereka yang berpuasa juga akan merasakan kesegaran air dan rasa makanannya. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan kantuk setelah berpuasa. Apa pun?

Spesialis gizi Dr. Christopher Adrian, M Gizi, SpGK dari Rumah Sakit Siloam TB Simatupang, menjelaskan bahwa biasanya orang berpuasa dari makanan manis. Menurutnya, makanan tersebut boleh dikonsumsi asalkan tidak berlebihan. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bisa menyebabkan kantuk dan menyebabkan rasa lapar yang lebih hebat. Akibatnya, asupan kalori pun meningkat.

“Jangan berlebihan efek ngantuk karena semua aliran darah langsung ke sana. Lalu ada resiko lapar lagi karena saat kita minum yang manis-manis, insulin meningkat untuk mengimbangi gula yang masuk ke dalam tubuh. Kalau meningkat, itu menurunkan gula darah kita dengan cepat. Memberi respons lapar akan makan lebih banyak, ”kata Dr. Christopher saat ditemui detik.com di RS Siloam TB Simatupang, Jumat (17/3/2023).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

“Emangnya nggak cuma buah tapi manis? Bisa. Kayak 3 buah kurma, manis. Jus buah, semangka, melon, dan cair memang bisa dijadikan takjil saat puasa. kondisinya kurang cairan, kita butuh yang segar,” lanjutnya.

Dr juga menyarankan Christopher memberikan jeda waktu 1 jam setelah puasa sebelum makan berat. Orang yang makan banyak langsung membuat perutnya semakin berat karena nafsu makannya yang tinggi. Akibatnya, bisa memicu kembung, maag, dan gastroesophageal reflux (GERD).

Tujuan berbuka puasa adalah untuk mengembalikan nutrisi yang hilang selama berpuasa. Oleh karena itu, Dr. mengingatkan Anda. Christopher makan dengan porsi penuh dan seimbang setelah makan makanan manis.

Tonton video “Prinsip Asam Lambung yang Harus Diikuti Saat Puasa dan Sahur”
[Gambas:Video 20detik]
(suk/suk)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Harold Taylor

Learn More →